-->

Air Terjun Madakaripura - Pertapaan Terakhir Sang Legenda Majapahit

Air Terjun Madakaripura Jawa Timur, salah satu Wisata alam yang menyuguhkan panorama alam  air yang jatuh dari ketinggian dan membentuk tirai dan dikelilingi oleh tebing-tebing yang sangat kokoh dan tinggi. Air terjun Madakaripura masih masuk kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, dan juga konon salah satu tempat meditasi sang legenda  Patih Gajah Mada. 

Air Terjun Madakaripura tertinggi kedua di Indonesia setelah Air Terjun Sigura-gura di Sumatera Utara. Air Terjun Madakaripura ini dinamakan ''Air Terjun Abadi'' karena curahan air yang nggak pernah berhenti mengalir, sungguh kebesaran tuhan. Lokasi Air Terjun Madakaripura letaknya didesa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur Indonesia.

air terjun madakaripura-pertapaan terakhir sang legenda majapahit
Air Terjun Madakaripura
Pesona Air Terjun Madakaripura terbilang sangat indah dan menghipnotis semua mata yang melihat, air terjun ini letaknya cukup dekat Gunung Bromo. dengan demikian wisatawan yang akan melakukan pendakian ke Gunung Bromo bisa mampir ke Air Terjun Madakaripura untuk melihat pesonanya.

Untuk menuju ke wisata Air Terjun Madakaripura wisatawan perlu melewati jalan berbatu dan menyeberangi sungai, pemandangan yang menyejukan mata dapat terlihat di dinding-dinding tebing menuju tempat ini. butuh waktu sekitar 20 menit berjalan kaki untuk menuju pintu masuk wisata ini, tapi nggak akan rugi karena pesonanya Air Terjun Madakaripura bisa mengobatinya, indah nan elok.

air terjun madakaripura-pertapaan terakhir sang legenda
Pesona Air Terjun Madakaripura
Setelah 20 menit perjalanan menuju Air Terjun Madakaripura, suara gemuruh air mulai terdengar. anda juga perlu bawa / persiapkan segala sesuatu menuju tempat wisata ini seperti: Payung, Pakaian ganti, kantong plastik dll. dan tak lupa anda disarankan pakai alas kaki seperti sandal gunung karena ditempat ini bebatuanya sangat licin. baca juga Wisata Wakatobi-Keindahan Surga Bawah Laut.

air terjun madakaripura-pertapaan terakhir sang legenda
Patung Patih Gajah Mada
Menurut cerita legenda kitab Negarakertagama, Kawasan Madakaripura wilayah yang diberikan Raja Hayam Wuruk kepada Patih Gaja Mada. karena tempat ini menjadi meditasi terakhir sang legenda Patih Gajah Mada, menurut keyakinan Jawa Kuno Patih Gajah Mada bermiditasi dan mencapai moksa. yaitu menghilang dari bumi secara fisik dan spiritual, ditempat ini terdapat patung Patih Gajah Mada. sering sekali orang-orang bertirakat ditempat ini apalagi dimalam 1 syuro istilah penangalan Jawa.

Rute menuju Air Terjun Madakaripura

Kami sarankan menyewa mobil agar lebih memudahkan perjalanan anda, Air Terjun Madakaripura kalau dari kota Surabaya menuju ke Probolinggo dapat ditempuh dengan waktu sekitar 3 jam kalau tidak macet, karena akan melewati rute Sidoarjo-Porong-Pasuruan-Probolinggo.

Setelah anda sampai di Probolinggo anda lanjut menuju daerah yang bernama Tongas, sesampai didaerah Tongas. anda akan menemukan sebuah pertigaan kecil dengan Tugu ditengahnya, lanjut anda bisa menjumpai papan penunjuk arah menuju tempat wisata ini, Air Terjun Madakripura dan Wisata Gunung Bromo.

Anda bisa melanjutkan perjalanan ketempat Wisata ini dengan waktu kira-kira 30 menit, anda tinggal mengikuti papan penunjuk arah. semoga wisata anda menyenangkan bersama keluarga dan sahabat dan artikel ini membantu Wisatawan yang akan ke Air Terjun Madakaripura dan Gunung Bromo. so lets goo.. 
   
LihatTutupKomentar