-->

5 Pantai Eksotik - Ikon Yogyakarta

Kota Yogyakarta terletak di Selatan Pulau Jawa, yang mempunyai luas kira - kira 1.114 km2. Kota ini mempunyai banyak julukan, mulai dari Kota Pelajar hingga Kota Wisata. Yokyakarta sendiri sudah sangat terkenal di kalangan Indonesia hingga kancah Internasional.

Utuk kalangan Domestik, Kota ini menjadi salah satu Wisata yang sangat terkenal. karena banyak hal - hal menarik yang menyebabkan Kota Yogyakarta menjadi tujuan Wisata. Kita mulai petualangan dengan menjelajahi Pantai - pantai yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya.

1. Pantai Parang Tritis

Deburan Ombak Pantai Parang Tritis, Pantai yang sangat terkenal ini berjarak 27 km ke arah Selatan dari Kota Yogyakarta, tepatnya masuk ke Kabupaten Bantul. Pantai sering menjadi tujuan pertama dan tiba disana pada Pagi hari. namun menurut cerita, saat sore hari hingga terbenam Matahari adalah saat yang terbaik untuk mengunjungi Pantai yang terkenal dengan Legenda Nyi Roro Kidul.

Bila kita bisa sampai lebih cepat, kita bisa naik ke Tebing Gembirawati di bagian belakang Pantai itu. kita bisa melihat seluruh area Pantai Parang Tritis hingga garis Cakrawala.

parang tritis beach
Parang Tritis Beach
Parang Tritis juga menawarkan Piknik keluarga seperti: bermain Layang - layang bersama keluarga tercinta / sahabat. angin Laut yang kencang memudahkan Layang - layang terbang tinggi dan ketika sore hari anda juga bisa menikmati Matahari terbenam ( sunset ). oke kawan kapan lagi ke Pantai ini..lets go.

2. Pantai Depok

Pantai ini di rancang untuk menjadi Wisata Kuliner Ikan Laut, beragam hidangan Seafood bisa dicicipi. hidangan Ikan yang paling Populer dan murah adalah Ikan Cakalang, yaitu Rp. 8.000 perkilogram. jenis Ikan lain yang bisa dinikmati adalah Kakap Putih dan Kakap Merah dengan harga Rp. 17.000 - 25.000 perkilogram. selain Ikan ada juga Kepiting, Udang dan Cumi - cumi.

Hidangan Seafood biasanya di masak dengan dibakar atau digoreng. berminat? Pantai ini letaknya dekat dengan Pantai Parang Tritis. biaya masuknya hanya Rp. 4.000 untuk 2 orang dan 1 motor.

depok beach
Depok Beach

Seiring makin banyaknya pengunjung Pantai yang berjarak 1,5 kilometer dari Pantai Parang Tritis ini, maka saya bersama keluarga memilih menikmati Wisata kulinernya Pantai depok. sungguh senang hati ini, oke pasti saya akan kesini lagi.


3. Pantai Karang - Karang Raksasa, Pantai Siung
                              
Wisata Pantai Karang-karang Raksasa begitu orang bilang, Pantai ini letaknya di Tepus,Gunung Kidul, Yogyakarta. ditempat ini memiliki sekitar 250 jalur Pemanjatan Tebing, sangat cocok bagi Wisatawan yang gemar dengan Olahraga Panjat Tebing.
Fasilitas yang mendukung kegiatan Panjat Tebing adalah Ground Camp yang berada disebelah Timur Pantai. di Graund Camp ini, Tenda - tenda bisa didirikan dan acara Api unggun bisa digelar untuk melewatkan malam. syaratnya kita tidak boleh menganggu habitat Penyu tak jauh dari Graund Camp, terdapat sebuah Rumah panggung kayu yang di manfaatkan sebagai Base Camp, yang cukup untuk 10 - 15 orang. 

Bentuk Rumah panggung membuat mata semakin leluasa menikmati ke eksotikan Pantai. cukup dengan berbicara pada warga setempat, mngkin dengan disertai beberapa rupiah Base Camp bisa kita gunakan untuk bermalam, saat malam atau kala pengunjung sepi. sekelompok Kera ekor panjang akan turun dari Puncak Tebing Karang menuju Pantai.

pantai siung
Pantai Siung
Keberadaan Kera ekor panjang ini yang menjadai alasan mengapa Batu Karang yang menjadi dasar penamaan Pantai ini. yang bentuknya disamakan dengan bentuk gigi Kera, bukan jenis hewan lainya.

4. Pantai Sundak Gunung Kidul 

Pantai ini letaknya tidak jauh dari Pantai Siung. Pantai ini menawarkan keindahan laut atau pesona alam yang eksotis. nama Pantai ini diambil dari kata Asu ( Anjing ) dan Landak. disini kita tidak hanya menikmati ombak, tetapi juga bukti sejarah seperti adanya Goa Karang tempat perkelahian Asu ( Anjing ) dan Landak yang menjadi cikal bakal penamaan dari Pantai ini.

Di area ini Wisata Sundak belum ada fasilitas penginapan, fasilitas yang ada adalah warung - warung makan serta gubuk kecil yang disewakan untuk Wisatawan yang ingin berteduh sambil menikmati keindahan di pinggir Pantai.

pantai sundak
Pantai Sundak


Pantai Sundak cukup digemari / disukai oleh Wisatawan Domestik dan Mancanegara. Pantai ini juga menjadi andalan Wisata Pemerintahan Kab. Gunung Kidul. Pantai ini memiliki lingkungan yang sangat bersih dan terawat dengan sangat baik dan masih dijaga dengan baik oleh Warga sekitar, sungguh pesona alam yang menakjubkan. 

5. Pantai Ngobaran

Ngobaran merupakan  Pantai yang sangat Eksotik. kalau Air sedang surut, akan terlihat Hamparan rumput laut yang tumbuh disela - sela Karang yang berwarna hijau maupun coklat. puluhan jenis Binatang laut juga terdapat disela - sela Karang, mulai dari Landak Laut, Bintang Laut, hingga golongan Kerang - kerangan. tetapi yang membuat Pantai Ngobar ini spesial adalah bangunan tempat Ibadah untuk empat Agama yang berdiri berdekatan.

Bangunan yang paling jelas adalah semacam Pura dengan Patung - patung Dewa berwarna putih. sebagai tempat beribadah orang yang menganut kepercayaan Kejawaan. berjalan ke arah kiri dari tempat Peribadatan tersebut, akan kita temui sebuah Joglo yang digunakan untuk tempat Peribadatan pengikut Kejawen. disekitar tempat itu didirikan pula sebuah Pura untuk beribadah umat Hindu. di dekatnya ada Masjid berukuran kurang lebih 3x4 m.yang sangat sederhana dengan beralaskan Pasir sehingga seolah menyatu dengan Pantainya. uniknya Masjid ini menghadap ke selatan ( kearah Laut ) namun masyarakat telah memberi tanda arah Kiblat di dalamnya.

pantai ngobaran
Pantai Ngobaran

Salah satu Kuliner yang tersedia di Pantai ini adalah Landak goreng yang sangat kenyal dan lezat. menu ini merupakan sajian ekstrem, yang membuat anda tidak akan melupakan pengalaman menyantap Landak Laut di Pantai ini. cerita Pantai - pantai akan lebih seru bila kita berkunjung kesana soo, Lets Traveling to Yogyakarta. Baca juga Wisata WBL dan Jatim Park 1&2








LihatTutupKomentar